Kesulitan Mendapatkan Suplai Air Bersih Untuk Wilayah Padat Penduduk

Oct 01,2017

Bertempat tinggal di wilayah ibukota padat penduduk seperti kota Jakarta dan Surabaya mungkin banyak orang yang memandang semuanya serba mudah dan tersedia.

Hal ini sebagian benar tetapi hanya berlaku untuk mereka yang memiliki cukup uang dan tentunya sangat berbeda jauh bagi yang hidup serba pas pasan.

Jangankan untuk memenuhi semua kebutuhan, mendapatkan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari hari saja kadang sudah susah bagi yang berpendapatan minin.

Memang jaringan pipa air bersih yang dikelola oleh pemerintah sudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat khususnya di kota kota besar, namun kapasitas atau debit airnya itu sendiri yang seringkali teramat minim dan menjadi rebutan.

Dengan kondisi seperti ini maka beberapa orang yang masih memiliki lahan tentunya lebih berpeluang untuk bisa membuat sumber air sendiri dengan sumur bor yang lebih hemat lahan.

Akan tetapi jika mereka yang hidup di kontrakan dan wilayah super padat penduduk jelas hanya tergantung dari pasokan distribusi air bersih berbayar milik pemerintah atau bahkan dengan membeli air bersih dalam drum.

Sedangkan yang sudah berhasil membuat sumur, itupun tidak menjamin bahwa akan memperoleh sumber air dengan kualitas baik.

Mengingat pada umumnya wilayah yang padat penduduk serta area dataran rendah cenderung memiliki kualitas sumber air yang buruk akibat tingkat pencemaran lingkungan yang sangat tinggi prosentasenya.

Hal ini bisa dilihat dari kondisi sungai di wilayah tersebut yang kerapkali menjadi lahan membuang sampah dan limbah rumah tangga.

Sudah biaya membuat sumur mahal, harga mesin pompa air juga mahal, toh yang didapat masih saja sumber air yang kurang higienis karena telah tercemar.

Menyikapi situasi dan kondisi yang seperti ini, sebaiknya masyarakat sendiri yang yang juga harus ikut berbenah dan tidak hanya menunggu tindakan dari pemerintah.

Sebab sebaik apapun pemerintah mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat, jika kita sendiri yang belum mampu menjaga lingkungan dengan baik dan bertanggung jawab, maka semuanya akan tetap tidak berhasil dengan optimal.

Lantas apa langkah yang paling bijak dalam menanggulangi persolan yang telah terjadi? Minimal mulai dari sekarang sebaiknya kita bersama menjaga lingkungan untuk generasi yang akan datang. Sumber: https://pompair.com/harga-pompa-air-sanyo/